Selasa, 15 Maret 2016

Manajemen Stratejik

CV. SAFARI MEGAH SURABAYA




SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA
BENGKEL PT.SAFARI MEGAH
DI SURABAYA

1. Latar Belakang Perusahaan
Pada tahun 1973: Sebuah bengkel mobil tua bernama “CHARLES MUSRY” yang terletak di JL.Pemuda no.29 Surabaya (berhadapan dengan Kantor RRI Surabaya) dibeli oleh bapak Gani Soelistijo.
            Kemudian bengkel tersebut direnofasi dan berganti nama dengan “PT.SAFARI MEGAH” yang berdiri pada tanggal 17 April 1973. berkat tangan dingin Bapak Gani Soelitijo bengkel Safari Megah dalam waktu singkat berhasil menjadi bengkel ternama di Surabaya bahkan banyak Instasi Pemerintah dari Pemda Jatim,Kota madya Surabaya,Perusahaan BUMN PT.PAL,PT Petro Kimia Gresi, Semen Gresik dan perusahaan Swasta besar maupun kecil banyak yang menjadi langganan perawatan mobilnya ke safari megah.
            Selain sebagai bengkel pemeliharaan dan perbaikan mobil baik sedan maupun Truck Safari Megah juga sebagai Showroom dan Dealer untuk merk 2 mobil terkenal : AL,Nissan Diesel,Ford,Peugeot,Cherokee dan Hyundai.Karena di Lokasi Jl.Pemuda daya Tampungnya terbatas sehingga tidak bisa lagi menampung kegiatan bengkel apalagi Jl.pemuda merupakan jalan utama kota Surabaya sehingga banyak menganggu pemakai jalan,maka pada tahun 1980 PT.Safari Megah pindah ke Lokasi yang lebih luas di Jl.Protokol/Jl.Achmad Yani 34-38 Surabaya yang ditempati hingga sekarang.
            Ditempat ini Bengkel Safari Megah melebarkan sayap usahanya dengan menambah unit Rental mobil dan Bus Pariwisata PT.Safari Megah mulai berkurang kegiatan usahanya setelah Bapak pendirinya (Gani Soelistijo) meninggal dunia dan pada tahun 2008 kegiatan bengkel Safari Megah berhenti.
Pada Tahun 2010: Tepatnya bulan April 2010 berdiri bengkel baru dengan nama “CV.Safari Utama” yang berlokasi dibekas PT.Safari Megah yang ditangani oleh salah satu Pewaris keluarga Gani Soelistijo yaitu Bapak Ir.Gani Hedrokusumo Msc,MSAE yang ahli dalam bidang Otomotif. CV Safari Utama sebagai bengkel lebih melirik peluang usaha melayani dan bekerja sama dengan Asuransi untuk melakukan perbaikan mobil-mobil bekas kecelakaan khususnya dalam perbaikan body repair dan pengecatan dari mobil-mobil yang ditanggung asuransi lebih dari 10 Asuransi yang telah bekerja sama dan mempercayakan rekanannya untuk dilakukan perbaikan di bengkel Safari Utama. Namun demikian CV.Safari Utama tetap menerima perawatan dan perbaikan mobil segala jenis merk termasuk mobil truck.
2 .Visi ,Misi, Tujuan, dan Sasaran
Visi
“Tercapainya perawatan mobil yang maksimal sehingga menjamin keselamatan bagi pengendara dan pada gilirannya akan meningkatkan kinerja dan produktivitas nasional.”
Misi
·         Melakukan perawatan dan perbaikan mobil dengan secermat-cermatnya sehingga memuaskan pemilik kendaraan
·         selalu meningkat pengetahuan teknisi sejalan dengan perkembangan teknologi mutakhir
·         memelihara kepercayaan pelanggan dengan pelayanan terbaik

3 .Analisis visi,misi,tujuan,dan sasaran perusahaan cv.safari megah dengan menggunakan karakteristik SMART guna mengimplimentasikan mata kuliah Manajemen Strategik
  1. Visi
“Tercapainya perawatan mobil yang maksimal sehingga menjamin keselamatan bagi pengendara dan pada gilirannya akan meningkatkan kinerja dan produktivitas nasional.”
Simple : visi dirumuskan sederhana dan mudah dimengerti
Measure : visi  jelas dan mampu menjadi motivasi bagi karnyawan.
Aplikable :visi ini layak untuk dilakukan
Reliabel : visi selalu sesuai dengan harapan dan kepentingan stakeholder serta perkembangan zaman atau realita.
Time Able :visi ini tidak memiliki tenggang waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam waktu tertentu.

2 . Misi
·         Melakukan perawatan dan perbaikan mobil dengan secermat-cermatnya sehingga memuaskan pemilik kendaraan
·         selalu meningkat pengetahuan teknisi sejalan dengan perkembangan teknologi mutakhir
·         memelihara kepercayaan pelanggan dengan pelayanan terbaik
Simple :misi dapat di pahami oleh semua anggota organisasi.
Measure : misi kongkrit,dan terukur .
Aplikable :misi layak untuk dilakukan oleh perusahaan
Reliabel : misi sesuai kepentingan stakeholder serta perkembangan zaman atau realita.
Time Able :misi ini tidak  memiliki tenggang waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam waktu tertentu.

3        Tujuan
Di perusahaan ini tidak mengambarkan tujuan perusahaannya saya akan membantu untuk membuat tujuan perusahaannya dengan melalui kaidah-kaidah yang disingkat menjadi smart,yaitu:
Simple : tujuan harus dirumuskan sederhana,mudah dimengerti .sehingga dapat di pahami oleh semua anggota organisasi.
Measure : tujuan jelas,kongkrit,dan terukur dan mampu menjadi motivasi bagi karnyawan.
Aplikable :layak atau tidak perusahaan untuk melakukannya.
Reliabel : selalu sesuai dengan harapan dan kepentingan stakeholder serta perkembangan zaman atau realita.
Time Able : memiliki tenggang waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam waktu tertentu.
-          Tujuan perusahaan cv.safari megah yaitu” mampu menjamin keselamatan pengendara Negara indonesia dengan cara meningkatkan kinerja Perusahaan, suku cadang yang memadai,teknologi yang muktahir dan produktivitas sumber daya manusia.”
4        Sasaran
Simple : sasara yang sederhana,mudah dimengerti .sehingga dapat di pahami oleh semua anggota organisasi.
Measure : sasaran jelas,kongkrit,dan terukur dan mampu menjadi motivasi bagi karnyawan.
Aplikable :sasaran belom diketahui layak atau tidak perusahaan untuk melakukannya.
Reliabel :sasaran  sesuai kepentingan stakeholder serta perkembangan zaman atau realita.
Time Able : sasaran memiliki tenggang waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam waktu tertentu.

-          Sama halnya dengan tujuan sasaran perusahaan belom tersedia . saya mencoba untuk membuat sasaran perusahaan yaitu menjalin hubungan baik dengan perusahaan luar negeri guna mendapatkan peluang usaha yang menjamin masa depan perusahaan dalam kurun waktu 10tahun .
B . Analisis TOWS ( Threat,opportunities,weakness and streght)
Threat :
Suku cadang masih bergantung di pihak luar negeri
Dibukanya cabang lainnya dealer Hyundai di kota Surabaya
Krisis moneter
Inflasi menyebabkan berkurangnya pendapatan
Opportunities :
Memiliki pelanggan tetap, pelanggan hyundai dan bea cukai
Memiliki Partner ford ,hyundai,ceroke,vw,daihatsu,mitsubisi dan jasa asuransi
Saham perusahaan 70% milik direktur utama
Memiliki hutang yang minim terhadap modal dari eksternal
Selalu update tools pada mobil
weakness :
Tidak ada SOP
Minimnya fasilitas pendukung seperti : ruang tunggu,kantin untuk customer.
Lahannya berkurang karna setengah lahannya disewakan ke SPBU luar negeri
Penanganan Service kurang efisien dan efektif
Kurangnya tenaga kerja akibat phk krisis moneter
Masih menggunakan manajemen konvensional
Streght :
Merupakan salah satu bengkel kepercayaan beberapa jasa asuransi
Berada tempat strategis yaitu di pusat kota
Bekerjasama dengan salah satu merk mobil yaitu yhundai
Mempunyai teknologi yang selalu update
Mempunyai tenaga ahli / karnyawan teknisi
Distribusi di 2 kota besar yaitu jakarta dan surabaya
4 .Analisis Sumber Daya Saing

1)      Sumber daya
Berwujud :
-karnyawan: pihak manajemen yang mengontrol dan membuat pelaporan dari kegiatan perusahaan
-suku cadang: memiliki banyak channel untuk membeli suku cadang berbagai merk mobil.
-spv: orang bertugas membuat laporan kerja teknisi dan berwenang memilih teknisi untuk menangani mobil tertanggung dan membuat work order dan spk (surat perintah kerja)
-teknisi: memiliki keahlian dan berpengalaman di bidangnya
-dealer Hyundai: berkerjasama dengan salah satu merk mobil
Tak berwujud :
-label perusahaan: identitas perusahaan agar pelanggan dapat dengan mudah mengenali dan mengingat perusahaan
-jasa service: memiliki jasa service mobil,body repair ,tune up untuk segala merk mobil bahkan truck
-kerjasama dengan asuransi : dengan perkembangan zaman asuransi muncul dengan sangat dipercaya oleh masyarakat dengan mengikuti zaman perusahaan bekerjasama dengan pihak asuransi.
Kemampuan kumpulan sumber daya :
-karnyawan: pihak manajemen yang mengontrol dan membuat pelaporan dari kegiatan perusahaan
-suku cadang: memiliki banyak channel untuk membeli suku cadang berbagai merk mobil.
-teknisi: memiliki keahlian dan berpengalaman di bidangnya
-dealer Hyundai: berkerjasama dengan salah satu merk mobil
-kerjasama dengan asuransi : dengan perkembangan zaman asuransi muncul dengan sangat dipercaya oleh masyarakat dengan mengikuti zaman perusahaan bekerjasama dengan pihak asuransi.
2)      Kompetensi Inti :
-teknisi: memiliki keahlian dan berpengalaman di bidangnya
-suku cadang: memiliki banyak channel untuk membeli suku cadang berbagai merk mobil.
-kerjasama dengan asuransi : dengan perkembangan zaman asuransi muncul dengan sangat dipercaya oleh masyarakat dengan mengikuti zaman perusahaan bekerjasama dengan pihak asuransi.
3)      Keunggulan bersaing yang berkesinambungan :
-teknisi: memiliki keahlian dan berpengalaman di bidangnya
-kerjasama dengan asuransi : dengan perkembangan zaman asuransi muncul dengan sangat dipercaya oleh masyarakat dengan mengikuti zaman perusahaan bekerjasama dengan pihak asuransi.
4)      Daya Saing :
Memiliki teknisi yang mempunyai keahlian dan berpengalaman dibidangnya bahkan loyal kepada perusahaan merupakan asset perusahaan. bila perusahaan tidak mengikuti zaman dan teknologi maka bersiap-siap untuk dikalahkan pesaing dan bangkrut maka dariitu perusahaan bekerjasama dengan asuransi lebih dari 6 asuransi untuk meningkatkan pendapatan.


5. Analysis Value Chain


6. Tabel IFAS
Kondisi Internal Perusahaan Strategic Advantage Profile (SAP) 




 F . Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength)


 G . Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weaknes)


H. Nilai Ifas

7 . Tabel EVAS
Kondisi eksternal perusahaan enviromental threat and opportunity profil (ETOP)


 J . Kuesioner Ekternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui peluang (Opportunity)

K . Kuesioner Ekternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (Threat)

L . Menghitung nilai ifas dan efas dan kesimpulan 


8 . Diagram SWOT dan Prioritas Stategi




O. Pertemuan Titik Diagonal





9. Matrik SWOT



 Matrik Strategi Umum


10. Variasi Strategi






11 . Strategi Bisnis Unit





12 . BISNIS PROSES




13. SOP




14 . Analisis Persaingan 

TABEL ANALISA PERSAINGAN CV.SAFARI MEGAH DENGAN PESAING UTAMA




15 . Analisis Competitive Advantange
16 . KPI

BY Lailiyah
01213087
Ekonomi/Manajemen
Universitas Narotama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar